Cara Menggunakan Fitur Ruang Kedua pada Miui

Akhirnya saya bisa posting kembali pada blog sederhana saya yang ini, pada artikel ini saya akan membahas mengenai fitur ruang kedua pada ponsel Miui atau Xiaomi Redmi, apa itu fitur ruang kedua? Fitur ruang kedua adalah fitur yang mempunyai kesamaan seperti anda menginstal dua sistem operasi dalam satu ponsel, walau sebenarnya hanya ada satu system operasi yang terinstal pada ponsel xiaomi redmi, yaitu system operasi MiuiOS.


Jika anda menggunakan Xiaomi Redmi, pasti anda pernah menjumpai Fitur Ruang kedua tapi apakah anda pernah mencobanya? Jika sudah pernah mencobanya, anda pasti menemukan pengalaman yang menarik seperti memiliki dua ponsel android yang berbeda, karena aplikasi yang anda instal pada Ruang pertama tidak akan terbaca pada Ruang kedua.

Jadi, semisal anda menghapus aplikasi pada ruang kedua, hal ini tidak akan berpengaruh pada Ruang pertama, karena sifat dari fitur ruang kedua adalah ponsel xiaomi redmi anda sedang menganggap bahwa anda memiliki dua system operasi dalam satu ponsel.

Kita ambil contoh seperti ini, anggap saja anda mempunyai dua ponsel xiaomi.
Ruang Pertama kita anggap sebagai ponsel pertama, sedangkan Ruang Kedua kita anggap sebagai ponsel kedua.

Jika anda melakukan penginstalan aplikasi, mereset aplikasi, sampai menyimpan data berkas pada pada ponsel pertama, tentunya tidak akan berpengaruh pada ponsel kedua anda bukan? Begitulah kira-kira yang dimaksud dengan fitur ruang kedua pada ponsel xiaomi redmi.

Tips Saat Menggunakan Fitur Ruang Kedua dari MIUI

Karena sifat ruang kedua ini hampir sama seperti anda menggunakan ponsel lain, jadi pastikan anda selalu membackup seluruh data pada ruang kedua saat melakukan penginstalan aplikasi ataupun menyimpan berkas, sehingga anda tidak kehilangan data setelah anda menghapus Ruang Kedua.

Berikut fitur-fitur backup dari Ruang Kedua.

1. Impor dan Expor Foto

Memungkinkan anda untuk mengimpor dan mengexpor foto dari kedua ruang, sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan foto setelah berganti ruang.

2. Impor dan Expor Berkas

Berkas juga mempunyai peranan penting, jangan sampai anda melewatkan fitur backup berkas saat anda melakukan penyimpanan pada ruang kedua.

3. Impor dan Expor Kontak

Karena anda menggunakan Ruang kedua, otomatis semua kontak anda tidak akan terbaca pada ruang kedua, kecuali anda melakukan pengimporan dari ruang pertama, dan usahakan backup juga kontak dari ruang pertama dengan format vcf, agar anda dapat memindahkannya dengan mudah.

4. Impor dan Expor Aplikasi

Anda tidak perlu mengunduh ulang Aplikasi lewat Google Play, karena dengan menggunakan fitur backup ini, anda dapat menyalin aplikasi dari ruang pertama ke ruang kedua, sehingga anda tidak perlu menggunakan kuota tambahan untuk pengunduhan.


Cara Impor dan Expornya silahkan pilih Ikon Pindahkan Data Pada Menu Layar Utama Ruang Kedua.

Cara Menggunakan Ruang Kedua Pada Xiaomi Redmi

Khusus ponsel xiaomi redmi yang memiliki fitur ruang kedua, karena tidak semua ponsel xiaomi redmi memiliki fitur ini dan tergantung juga dari versi Miui yang sedang digunakan. Dalam hal ini saya menggunakan Xiaomi Redmi Note 4 dengan versi Miui 8, jika ada perbedaan pada menu, silahkan sesuaikan.

1. Buka Menu Setelan Ponsel Xiaomi Anda, lalu cari kategori menu System dan Perangkat.


2. Kemudian Cari Fitur Ruang Kedua.

3. Setelah itu pilih Hidupkan Ruang Kedua.


4. Tunggu Proses Berganti Ruang, kira-kira hanya sampai 10 detik.

5. Selamat, anda sudah memasuki Ruang Kedua.

Setelah anda memasuki ruang kedua, silahkan melakukan pengimporan kontak, aplikasi, berkas, dan foto yang anda perlukan untuk digunakan di ruang kedua.

Setel Sandi Ruang Kedua

Selanjutnya, silahkan setel sandi untuk ruang kedua, sehingga ruang khusus anda tidak sampai diotak-atik oleh orang lain. Fitur ini sangat cocok bagi anda yang menggunakan satu ponsel untuk digunakan dua pengguna.

Menghapus Ruang Kedua

Jika anda sudah tidak lagi menggunakan ruang kedua anda dapat menghapus ruang kedua anda dengan cara berikut.

  • Masuk ke setelan.
  • Pilih Ruang Kedua.
  • Pilih Ikon Hapus Ruang kedua, tepatnya berada dikanan atas layar.


Akan ada peringatan bahwa semua data anda akan hilang pada ruang kedua, disini saya sarankan anda sudah membackup semua data pada ruang kedua sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan data.

Jika anda sudah yakin ingin menghapusnya silahkan pilih Hapus.

Mudah bukan caranya?

Mungkin cukup sekian dari artikel saya kali ini, semoga berguna bagi yang membacanya, jika ada artikel lain saya akan share pada blog saya yang sederhana ini.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat, salam.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

6 Komentar untuk "Cara Menggunakan Fitur Ruang Kedua pada Miui"

  1. Apakah Xiaomi A1 masih mempertahankan fitur ruang kedua itu?

    BalasHapus
  2. Sudah ada di ruang 1 trus jika kembali ke ruang 2 gimana? Punya saya kok gak bis?

    BalasHapus
  3. masuk ke settings > ruang kedua > berganti antar ruang

    BalasHapus
  4. Min tolong dong dijawab kenapa y Ko data seluler di ruang kedua aq gadaa?

    BalasHapus
  5. masalah data seluler sebenarnya tidak ada bedanya antara ruang utama dan ruang kedua, semuanya berjalan, jika koneksi internet tidak berjalan di ruang kedua, sebaiknya diperiksa dulu gan kemungkinan ia mengupdate otomatis beberapa aplikasi di Google Play sehingga menyebabkan pengaruh pada kecepatan berselancar, atau bisa saja karena setting internet antara ruang utama dan ruang kedua yang berbeda.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel