Cara Menguninstal Aplikasi Android tanpa Kehilangan Data

Sering menguninstal aplikasi dikarenakan ponsel kurang memory itu wajar, karena setiap ponsel Android mempunyai kapasitas memory Internal dan RAM yang terbatas. Jika pemakaian mendekati kapasitas yang ada, terutama pada kinerja RAM secara otomatis ponsel akan menjadi lambat, karena kinerja aplikasi tidak mencukupi sisa kapasitas RAM. Akibatnya ponsel menjadi lambat, dan tidak jarang mengalami hang. Untuk mengatasi hal ini ada berbagai cara yang sangat mudah yaitu menghentikan aplikasi secara paksa, atau menguninstal aplikasi.

Menghentikan aplikasi secara paksa tidak menjamin kinerja ponsel akan bebas dari hang, karena bisa ada beberapa aplikasi pendorong lain yang dapat membuka aplikasi yang telah diberhentikan. Sedangkan jika menguninstal aplikasi maka data aplikasi kita akan hilang secara permanen.

Nah bagi yang ingin menguninstal tetapi takut kehilangan data, gunakan cara berikut, terutama untuk data game yang tidak ingin kita ulangi lagi dari level awal setelah menguninstal aplikasi.

1. Memindahkan data Aplikasi

Data Aplikasi yang tersimpan pada Sdcard mempunyai peluang untuk kita backup dan dipindahkan, sehingga data tetap utuh setelah kita uninstal, dan tentunya kita bisa mengembalikan data yang telah kita backup pada tempat semulanya. Berikut caranya:
a. Buat folder dengan nama backup di sdcard
b. Cari data aplikasi pada sdcard/Android/data, cari nama data dari aplikasi yang ingin kita backup, kebanyakan nama data berawalan dengan com.blabla(nama.pengembang), setelah ketemu, copy data tersebut.


c. Pastekan data yang telah kita copy kedalam folder backup yang telah kita buat tadi.
d. Uninstal Aplikasi Android yang baru saja kita backup datanya.

Beberapa aplikasi yang berukuran diatas 100 MB mempunyai data aplikasi dalam folder OBB (terletak pada sdcard/Android/obb, jika ingin membackup data aplikasi, silahkan pindahkan juga obb sehingga kedepannya kita tidak perlu mengunduh data obb, karena data obb berkisaran diatas 50 MB.

2. Mengubah nama data Aplikasi

Sama seperti backup, bedanya kita tidak perlu memindahkan data aplikasi yang terdapat pada sdcard. Jadi, kita hanya perlu mengubah namanya saja, tidak sembarangan diubah nama. Karena kita harus mengingat nama asli dari data aplikasi sebelum mengubah namanya, berikut tips mengubah nama data aplikasi.

a. Cari Data Aplikasi yang akan kita uninstal pada sdcard/Android/data.
b. Misal, nama data aplikasi bernama com.dataaplikasi ubah namanya menjadi com.dataaplikasi2.


c. Ubah juga data Obb Aplikasi (jika aplikasi berukuran 100MB, dan tergantung juga apakah aplikasi tersebut mempunyai data obb).

Untuk mengembalikannya seperti semula, ada hal yang perlu diperhatikan agar data tidak hilang setelah menginstal kembali aplikasi. Data Aplikasi yang telah dikembalikan seperti semula bisa hilang secara otomatis setelah kita membuka aplikasi, sehingga aplikasi akan memulai data ulang. Dalam hal ini bisa jadi kita ada kesalahan saat mengembalikan data backupan aplikasi.

Untuk menghindari kehilangan data, tipsnya yaitu mengembalikan data sebelum aplikasi diinstal atau jika terlanjur, hapus data aplikasi pada pengaturan aplikasi. Barulah memindahkan data aplikasi atau mengubah nama data aplikasi seperti semula. Demikian semoga tutorial ini bermanfaat.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menguninstal Aplikasi Android tanpa Kehilangan Data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel