Cara Upgrade Xiaomi Redmi Note 4 ke Android 7.0 Nougat

Setelah Xiaomi Redmi Note 4 mengeluarkan update terbarunya, banyak sekali pengguna yang ragu apakah setelah upgrade bakal menemukan masalah seperti yang terjadi pada Ponsel Xiaomi Redmi 3, yaitu kehilangan Sinyal Internet 4G. Tapi menurut informasi yang saya dapat, Pihak Pabrik memang dengan sengaja menghilangkan sinyal 4G pada upgrade versi terbarunya.

Entah apa alasannya, yang jelas upgrade ini tentunya membuat banyak pengguna resah karena telah kehilangan fitur internet 4G pada ponselnya, terutama yang mengaktifkan pembaruan sistem otomatis, bukannya mendapatakan keuntungan malah yang didapat justru sebaliknya.

Nah, untuk upgrade sistem Miui 8.5.4.0 terbaru ini apakah aman untuk Xiaomi Redmi Note 4? Saya lihat di forum internet, ada salah satu member yang mempertanyakan pertanyaan ini, pasalnya mereka masih ragu dengan upgrade versi miui ini, dikhawatirkan setelah mengupgrade malah kehilangan jaringan 4G.

Di upgrade versi Miui 8.5.4.0 yang terbaru ini, anda akan mendapatkan upgrade versi android dari Android 6.0 Marshmallow ke 7.0 Nougat.

Benar begitu? Saya sendiri sudah mencoba upgrade ini dan ternyata benar versi android saya sekarang sudah menjadi android Nougat 7.0.


Bagi yang belum mendapatkan upgrade ke versi Miui 8.5.4.0, mungkin anda masih belum melakukan pembaruan ke versi sebelumnya, yaitu versi 8.2.10.0.

Namun jika anda sudah ke versi Miui 8.2.10.0 silahkan tunggu saja hingga muncul notifikasi pembaruan, pastikan koneksi internet anda lancar jaya.

Cara Upgrade ke Versi Miui 8.5.4.0 Android 7.0 Nougat

Sebelum melakukan pembaruan, disarankan anda mencharge baterai anda minimal 70%, karena waktu yang diperlukan untuk pembaruan ini cukup lama, dan ini juga untuk berjaga-jaga untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan upgrade.

Jika sewaktu proses upgrade sistem anda mengalami kegagalan, salah satunya kehabisan baterai, mungkin akibat terburuknya ponsel anda akan mengalami bootloop atau bahkan hardbrick.

Apa itu Bootloop? Istilah ini sebenarnya sudah rame diperbincangkan di internet untuk gejala dimana android tidak bisa masuk ke homescreen ketika dinyalakan, ia hanya menyala sampai pada logo animasi saja, untuk mengatasi ini anda harus memflash ulang android anda.

Sedangkan hardbrick adalah gejala yang paling parah dimana android anda gagal melakukan upgrade sistem dan mati total. Android yang sudah hardbrick ini sudah tidak bisa ditolong lagi kecuali dengan jalan flash, karena sudah hardbrick artinya sudah tidak bisa menyala lagi, baik di charge maupun dihidupkan.

1. Charge Ponsel Xiaomi Redmi Note 4 Anda minimal 70%.

2. Baca Doa dulu sebelum Upgrade Sistem.

3. Buka Aplikasi Pembaruan Sistem Android.

4. Cek Pembaruan, jika ada pembaruan ke versi 8.2.10.0 silahkan upgrade dulu. Jika sudah Upgrade silahkan lewati.

5. Unduh pembaruan Versi Miui 8.5.4.0, tunggu hingga proses download selesai.


6. Setelah download selesai silahkan masuk ke mode pemulihan.

7. Silahkan tunggu proses upgrade dan selamat android anda kini sudah menjadi Android 7.0 Nougat.

Selama ponsel anda melakukan upgrade, jangan mengotak atik ponsel atau bahkan mematikan ponsel hingga proses upgrade berhasil, hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan upgrade.

Setelah Anda melakukan Upgrade, Cek versi Android anda pada menu Tentang Ponsel, jika versi android sudah menjadi Android 7.0 Nougat berarti anda sudah berhasil.

Apa saja kelebihan Android Nougat pada Xiaomi Redmi Note 4?

Silahkan rasakan sendiri, berdasarkan pengalaman saya dan pengguna lain, diversi ini sudah tidak saya temukan bug lagi, dan malah lancar jaya dari lag saat membuka aplikasi.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis pada tutorial ini, dan jika anda ingin menikmati android versi 7.0 Nougat, silahkan upgrade saja versi Miuinya, untuk salah satu kekhawatiran tentang kehilangan jaringan 4G pada saat melakukan Upgrade versi Miui, anda tidak perlu khawatir, karena setelah saya coba upgrade, saya tidak kehilangan fitur apapun di versi Miui ini termasuk kehilangan jaringan 4G.

Jadi intinya, Miui versi 8.5.4.0 ini aman.

Menjawab Pertanyaan dari pengguna yang belum mendapatkan Nougat (Update)

Kenapa saya tidak mendapatkan upgrade ke nougat, padahal saya sudah upgrade ke miui versi terbaru, bahkan setiap kali ada pembaruan, saya tidak pernah melewatkannya, jadi kenapa itu?

Mungkin akan ada sebagian dari kalian yang bertanya-tanya demikian, padahal kalian sudah upgrade ke miui versi terbaru, namun masih belum mendapatkan pembaruan ke nougat.

Versi Android 7.0 Nougat adalah versi yang sangat dinanti-nantikan oleh user Xiaomi, namun tidak menutup kemungkinan versi ini tidak tersedia untuk seluruh user Xiaomi, yang artinya hanya pengguna tertentu saja yang bisa menikmati pembaruan ini.

Sebagai contoh dari pembaruan yang kita rasakan hingga sekarang, mungkin ada sebagian dari kalian yang mendapatkan pembaruan ke nougat, sebagian lainnya masih menggunakan marshmallow. Padahal, sebagian pengguna tersebut masih sama-sama menggunakan Xiaomi Redmi Note 4, dan keduanya sudah memperbarui sistem ke Miui Versi terbaru.

Setelah saya telusuri lebih lanjut, ternyata dari kedua pengguna tersebut, ia mempunyai perbedaan yang terletak pada prosessor. Yaitu diantara pengguna yang mendapatkan pembaruan ke nougat dan juga pengguna yang tidak mendapatkan pembaruan ke nougat.

Pengguna pertama yaitu menggunakan Xiaomi Redmi Note 4 dengan prosessor Mediatek. Sedangkan pengguna kedua, mereka menggunakan prosessor Snapdragon.

Dari kedua pengguna yang saya sebutkan diatas, sayangnya update ini hanya tersedia untuk salah satu pengguna diatas, yaitu untuk pengguna xiaomi dengan prosessor Snapdragon. Untuk prosessor Mediatek, mungkin mereka masih menggunakan Marshmallow, meskipun sudah melakukan pembaruan sistem.

Jadi pertanyaanya adalah, apakah update ini hanya tersedia untuk pengguna snapdragon saja?

Ya, update ini hanya tersedia untuk pengguna snapdragon.

Bagi yang menggunakan prosessor mediatek, jangan berkecil hati dulu, mungkin kedepannya update ini akan tersedia. Dan semoga saja update untuk pengguna Mediatek segera menyusul.

Demikian semoga tutorial ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

26 Komentar untuk "Cara Upgrade Xiaomi Redmi Note 4 ke Android 7.0 Nougat"

  1. Saya sudah mendapatkan miui 9.2 untuk xiaomi redmi note 4 tapi versinya masih marshmellow. Bagaimana caranya agar bisa update ke nougat ya?
    Saya pakai versi mediatek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tunggu update selanjutnya, harusnya versi 9 atau keatasnya sudah nougat.

      Hapus
  2. Kayaknya memang harus nunggu sih. Update ke miui 9.2 juga baru sekitar 30 desember 2017. Aku penginnya sekalian update ke nougat juga tapi harus puas mencicipi miui 9 dulu.☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bertahap dulu gan, saya dulu updateannya bertahap, baru akhirnya dapet nougat :)

      Hapus
  3. Sama,saya juga sudah upgrade ke miui 9 tp masih marshmallow... Sedangkan temen saya yang pake xiaomi mi 5 udh upgrade ke miui 9 dia udh dapet android Nougat.. Bedanya apa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya di miui nougat cuma ada tambahan beberapa fitur, dan perubahan tata letak menu saja. itu saja sih hehe

      Hapus
  4. Kapan redmi note 4 dapat pembaruan versi os nouget? Saya mau menggunakan fitur split screen buat main mobile legend

    BalasHapus
  5. Buat redmi 3s udah miu9 tapi masih versi6.1 pngen ke nougat gmana ya

    BalasHapus
  6. Saya redmi note 4..msih marshmellow gan.. Miu 9.5.1.0...blum ke nougat

    BalasHapus
  7. Masalahnya sama,, upgrade MIUI versi 9 android tetap 6,1

    BalasHapus
  8. MIUI Versi 9.5.2 android versi 6.0 hadehhh

    BalasHapus
  9. Gan saya juga udah MIUI versi 9.kok masih marshmello.tapi mode layar split ada.aku kok bingung yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. prosessor mediatek ya, gausah bingung gan hehe

      Hapus
  10. mau nanya gan.. klo redmi 4x di upgrade MIUI 9.5 ada kendala ga.. fingerprint ga fungsi atau 4g hilang gtu... tolong solisi ny yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya miui 9.5 gak ada kendalanya gan (stable), saya udah update kesitu sekitar sebulan yang lalu.

      Hapus
  11. misi gan ane punya xiomi note 4x ram 4/64 kalo mau naekin MIUI ke nouget gmna ya kan ini Masih MM😥

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau snapdragon biasanya langsung ada pemberitahuan update, jadi bisa langsung update ke naugat, tapi kalau masih mediatek biasanya nunggu dulu sampai ada pemberitahuan dari pihak pabrik.

      Hapus
  12. Saya redmi note 4 juga malah miui nya udah versi 9.5.2.0 pas pas mau diupgrade ke versi 9.5.3.0 gak ada keterangan Android nougat gan

    BalasHapus
  13. Saya udh versi 7 android nya jaringan 4G masih tetap ada

    BalasHapus
  14. Kok saya hp xiaomi note 4 sudah mui 9.6 masih marshmellow belom nouget,,tolong pencerahan nya dong

    BalasHapus
  15. Om..saya mau tnya,,note4 sya sdh miui 10 tpi msh versi android 6.gmn caranya klau mau di up ?

    BalasHapus
  16. update ini hanya berlaku untuk prosesor snapdgragon aja gan, untuk prosesor mediatek mungkin nanti bakal menyusul.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel