Android Kamu Cepat Panas? Mungkin ini 5 penyebabnya

Ponsel Android cepat panas dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari banyaknya proses aplikasi yang bekerja sampai dengan kinerja cpu itu sendiri. Namun yang paling umum menjadi penyebab android cepat panas adalah dari aplikasi yang dijalankan itu sendiri.

Misalnya anda mempunyai 5 aplikasi sosmed terpopuler dalam satu ponsel antara lain bbm, whatsapp, line, kakaotalk, dan wechat, dan lainnya adalah aplikasi-aplikasi seperti game online dan sebagainya. Jika Semua aplikasi yang saya sebutkan diatas berjalan semuanya, maka bisa dipastikan menjadi penyebab android anda cepat panas.

Ulasan saya kali ini akan memberikan berbagai penyebab android anda cepat panas, berikut ulasannya.

1# Anda selalu mengaktifkan fitur GPS setiap saat.

Fitur GPS memang sangat berfungsi untuk melacak keberadaan lokasi anda disuatu tempat, bahkan dengan fitur GPS anda dapat dengan mudah menemukan jalan tujuan tanpa harus tersesat. Selain itu GPS juga dapat menjadi fungsi untuk melacak keberadaan ponsel anda ketika terjadi kehilangan.

Meskipun fitur GPS ini bermanfaat, namun GPS adalah salah satu penyebab utama yang menjadikan ponsel android anda cepat panas, karena GPS memerlukan sebuah jaringan lain selain dari Koneksi Data Internet, jadi saat anda mengaktifkan GPS, otomatis ponsel anda juga akan terhubung ke Satelit GPS, hal inilah yang membuat ponsel anda berkerja dua kali, karena juga akan tersambung ke satelit untuk mencari lokasi anda.


Jika anda sedang tidak tersesat sebaiknya matikan saja GPSnya, selain dapat mengurangi panas, baterai ponsel anda juga akan lebih awet dari sebelum anda mematikan fitur GPS.

2# Ponsel Anda Sinkron dengan Banyak Akun

Banyak akun yang dimaksudkan disini adalah, ponsel anda sinkron dengan akun-akun sosial media yang terinstal pada ponsel anda, semisal anda menginstal Gmail, Facebook, Dropbox, dan sebagainya. Maka Ponsel anda akan segera bekerja untuk menyinkronkan data-data yang terdapat pada ponsel ke sebuah jaringan online.

Bisa dipastikan ponsel anda akan jadi lebih panas ketika terhubung dengan akun yang sinkron, karena sinkron itu sendiri sifatnya mengupload atau mendownload data secara otomatis, misalnya anda menyinkronkan kontak pada Akun Google, dan anda tidak sengaja menghapus kontak pada ponsel anda, maka secara otomatis kontak ponsel anda akan kembali, karena disinkronkan dengan Akun Google.

Untuk mengatasi android cepat panas karena sinkronisasi, anda dapat mematikan fitur sinkron untuk beberapa aplikasi yang memang tidak memerlukan untuk disinkronisasi, misalnya aplikasi sosial media yang menggunakan fitur sinkronisasi untuk keperluan menemukan teman terdekat anda.

3# Ada Beberapa Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Kasus yang satu ini sering ditemui di kebanyakan pengguna, termasuk saya sendiri. Meskipun Anda tidak sedang menjalankan suatu aplikasi, kemungkinan ada beberapa aplikasi yang memang berjalan pada latar belakang memakan proses ram ponsel, aplikasi yang berjalan pada latar belakang contohnya adalah aplikasi sosial media, aplikasi toko online, dan masih banyak lagi.

Jika memang anda merasa ada aplikasi berjalan pada latar belakang, anda dapat mengeceknya pada proses RAM berjalan yang dapat anda temukan di menu Settings lalu masuk lagi ke menu Aplikasi, geser lagi sampai ke tab Aplikasi berjalan. Lalu tutup semua aplikasi dengan cara mengklik satu persatu lalu berhentikan, atau jika ada fitur berhentikan aplikasi berjalan silahkan digunakan.

Dan coba rasakan kinerja ponsel dan panasnya ponsel android anda, apakah sudah berkurang panasnya? Jika tidak berkurang, berarti ada penyebab panas lain yang perlu anda perhatikan.

4# Berapa Banyak Aplikasi Yang Anda Instal dalam satu Ponsel?

Jika anda bertanya mengapa ponsel anda cepat panas dalam waktu beberapa menit, maka saya akan menjawab berapa banyak aplikasi yang anda instal dalam satu ponsel? Pasalnya banyak aplikasi yang terinstal pada satu ponsel juga dapat berpengaruh dengan hal lainnya semisal borosnya baterai, ponsel cepat panas, ponsel lebih cepat hang.

Berbeda dengan ponsel yang menginstal aplikasi seperlunya, panasnya mungkin tidak separah ponsel yang menginstal banyak aplikasi. Meskipun ponsel anda memiliki kapasitas Internal dan RAM besar itu bukan menjadi jaminan ponsel anda bebas dari panas, justru karena banyaknya Internal dapat membuat seorang pengguna untuk menginstal aplikasi sebanyak-banyaknya tanpa khawatir kehabisan memory.

Memang ponsel tidak akan mengalami hang ataupun kehabisan free RAM, namun ponsel yang menginstal banyak aplikasi dapat memberatkan kinerja CPU sehingga menyebabkan ponsel android anda cepat panas dan bukan jaminan ponsel anda bebas panas meskipun anda memiliki kapasita RAM dan Internal yang besar.

5# Terlalu lama mengaktifkan Hotspot Tathering

Pada beberapa ponsel, hotspot tathering yang siaga selama 10 menit akan otomatis dinonaktifkan, namun pada beberapa ponsel lainnya, hotspot tathering akan tetap aktif meskipun siaga selama kurang lebih satu jam. Hal inilah yang menyebabkan ponsel android anda cepat panas, bukan seberapa lama ponsel anda digunakan, namun seberapa banyak kinerja android anda digunakan oleh system.

Dalam satu syarat untuk mengaktifkan hotspot tathering kita juga harus mengaktifkan data seluler, karena fungsi hotspot itu sendiri untuk berbagi koneksi internet kepada pengguna lainnya melalui Jalur Wi-fi, dengan kata lain anda tidak dapat mengaktifkan hotspot saja tanpa koneksi internet.

Jika sudah tahu itu, berarti ponsel anda sudah bekerja dua kali untuk itu, pertama mengaktifkan data seluler, lalu kedua mengaktifkan hotspot tathering dan kemudian terhubung dengan perangkat lainnya. Ponsel anda mungkin akan lebih cepat panas dari biasanya, kecuali anda mengaktifkan hotspot tidak terlalu lama atau tidak lebih dari 10-15 menit.

Mungkin ada yang bisa anda tambahkan sendiri penyebab ponsel android anda cepat panas, atau temukan penyebabnya pada salah satu penyebab yang saya tulis diatas, siapa tahu ada salah satunya. Postingan yang saya tulis disini bukan dari sumber referensi manapun melainkan dari pengalaman pribadi saya sendiri selama menggunakan smartphone.

Saya sendiri menggunakan smartphone selama 3 tahun, jadi saya cukup berpengalaman untuk mengatasi masalah-masalah dasar pada smartphone, hehe bukan niat pamer loh ya, namun saya hanya niat untuk berbagi.

Silahkan jika ada yang ingin anda tambahkan, anda dapat menghubungi saya melalui halaman kontak, kemudian saya akan update tulisan ini, semoga bermanfaat.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Android Kamu Cepat Panas? Mungkin ini 5 penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel