Cara Mengubah Fungsi Tombol Navigasi pada Android

Selama ini mungkin anda sering menggunakan tombol navigasi android anda untuk mengontrol tombol menu, tombol kembali, dan tombol home, bagaimana jika pada tutorial ini saya akan berbagi cara merubah fungsi dari tombol navigasi android anda? apakah bisa? tentu bisa.


Tapi, tutorial ini hanya saya tujukan bagi pengguna android versi 6.0 marshmallow atau keatasnya, untuk versi android kebawahnya mohon maaf karena secara default fitur ini tidak tersedia bagi system operasi tersebut, namun bagi beberapa merk type ponsel tertentu mungkin fitur ini tersedia tetapi kebanyakan tidak ada.

Bagaimana jika system operasi android anda sudah menggunakan android 6.0 marshmallow tetapi fitur ini tetap tidak tersedia? karena saya sendiri juga tidak bisa menjamin bahwa ponsel android 6.0 marshmallow atau ketasnya pasti memiliki fitur ini, ini hanya berdasarkan pengamatan pribadi saja.

Kegunaan Tombol Navigasi pada Android

Seperti yang saya katakan, kegunaan dari navigasi sudah sangat jelas sekali, setiap ponsel android pasti memiliki ini karena tanpanya android anda mungkin bagaikan perangkat komputer tanpa mouse, sehingga anda tidak mempunyai full control terhadap komputer anda.

Semisal anda mempunyai ponsel android, cobalah untuk tidak menggunakan tombol navigasi untuk kembali, masuk menu, atau kembali ke home screen, pasti anda merasa kesulitan bukan? begitulah fungsi dari tombol navigasi, anda tidak bisa menggunakan android dengan respon yang bagus jika tidak menggunakan tombol navigasi.

Cara Mengubah Fungsi Tombol Navigasi

Sekarang kita coba ubah fungsi dari tombol navigasi, yang awalnya tombol menu, kini bisa menjadi tombol screenshoot, atau tombol home yang berubah menjadi tombol untuk menghentikan aplikasi berjalan. Namun sesuai dengan fungsi dan OS Android anda, karena jika ponsel anda tidak memiliki fitur ini maka tutorial ini tidak berguna bagi anda.

Tapi jika anda ingin menyimak juga boleh, hitung-hitung menghargai saya yang sudah capek-capek menulis hehe. Silahkan cek terlebih dahulu versi android anda pada About Phone, jika sudah versi 6.0 Marshmallow, anda bisa mengikuti tutorial ini.

1. Pertama-tama silahkan masuk ke setelan ponsel anda.

2. Kedua, cari kategori menu system dan perangkat, kemudian masuk ke setelan tambahan.


3. Kemudian cari lagi menu tombol dan masuk saja ke menu itu.


4. Sekarang kita ubah semua fungsi dari tombol navigasi, saya anggap disini anda sudah merubah tombol navigasi.


5. Sekarang silahkan coba tombol navigasi sesuai dengan yang anda setting.

Setelah anda mengatur tombol navigasi, jangan langsung kembali ke home, silahkan coba satu persatu.

Untuk tombol navigasi default seperti tombol tekan sekali ke beranda, menu, dan kembali, anda tidak dapat mengubahnya namun anda dapat mengubah tombol navigasi tekan lama, apa maksud dari tombol tekan lama? Semisal anda mengubah navigasi untuk tombol beranda dengan setting menghentikan aplikasi terkini.

Maka setiap anda menekan lama tombol beranda, aplikasi terkini yang anda jalankan akan ditutup secara otomatis, jika anda menekan sekali tombol beranda, anda hanya kembali ke home screen.

Mungkin cukup sekian dari tutorial Cara Mengubah Fungsi Tombol Navigasi pada Android semoga bermanfaat khususnya untuk pemula.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengubah Fungsi Tombol Navigasi pada Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel