Cara Menghubungkan Microphone External ke Ponsel Android

Halo semuanya apa kabarnya? semoga kalian semua sehat selalu, sudah lama saya tidak berbagi artikel lagi kepada semua pengunjung disini, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi lagi mengenai cara menghubungkan mic condensor atau mic external ke ponsel android kita.

Mungkin kita pernah berpikir seperti ini, bisakah mic condensor atau mic external lain di hubungkan ke ponsel android kita, sedangkan ponsel android kita tidak memiliki colokan untuk microphone external? Jawabannya bisa, ada dua cara untuk menghubungkannya, namun anda harus memilik alat-alat tambahan yang digunakan untuk menghubungkan mic external ke ponsel android anda.


Atau dengan kata lain, anda harus memiliki sebuah kabel Splitter atau kabel USB OTG untuk ponsel android anda, silahkan anda pilih salah satu dari kedua kabel diatas sesuai dengan support atau tidaknya. Jika anda ingin menghubungkannya ke ponsel android menggunakan kabel USB OTG, ponsel anda harus sudah support kabel ini, atau jika belum anda dapat menggunakan kabel Splitter sebagai penggantinya.

Pada panduan ini saya contohkan dengan memakai ponsel Xiaomi Redmi Note 4 saya yang sudah support OTG, sehingga bagi yang punya ponsel dengan support OTG silahkan pilih dari kedua kabel diatas, apakah menggunakan kabel USB OTG atau kabel Splitter, kedua kabel tersebut tetap sama-sama berfungsi pada ponsel yang sudah support OTG.


Jika anda memilih menggunakan Kabel USB On The Go

Anda harus memiliki satu alat tambahan lagi yang bernama USB Sound Card yang nantinya akan digunakan untuk mencolokkan Microphone External anda ke ponsel android anda, tanpa USB Sound Card ponsel anda tidak bisa dihubungkan dengan microphone external.

Jika anda memilih menggunakan Kabel Splitter

Anda tidak perlu tambahan lagi untuk menggunakan microphone external ke ponsel android anda, karena dengan menggunakan kabel splitter saja ponsel anda sudah dapat dihubungkan dengan kabel splitter walaupun ponsel anda tidak support dengan kabel USB OTG sekalipun.

Jadi, sekarang saya dapat menyimpulkan berikut ini adalah alat-alat yang diperlukan untuk menghubungkan microphone external ke ponsel android anda:

Ponsel yang sudah support USB OTG:

  • Kabel USB OTG
  • USB Sound Card
  • Mic Condensor
  • Ponsel Android

Ponsel yang belum support USB OTG:

  • Kabel Splitter
  • Mic Condensor
  • Ponsel Android

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa kita tidak bisa langsung menghubungkan microphone external ke ponsel android kita, sedangkan colokan yang dimiliki microphone external hampir sama dengan kabel splitter? Jawabannya terletak pada perbedaan Pin atau Cincin pada colokkannya.

Perhatikan, kabel splitter yang anda miliki harus memiliki 4 pin atau 3 cincin yang terletak pada colokkannya, jika ada perbedaan baik jumlah pin maupun cincin mungkin tidak support untuk ponsel android anda.

Cara Menghubungkan Mic Condensor ke Ponsel Android menggunakan USB On The Go

1. Siapkan beberapa alat-alat yang sudah saya sebutkan diatas, jangan sampai satupun yang terlewat ya, karena jika terlewatkan mungkin anda tidak bisa menghubungkannya, apalagi yang terlewat adalah ponsel android anda sendiri hehe.

2. Hubungkan Kabel USB On The Go Anda ke Ponsel android anda ke colokkan charger.

3. Kemudian hubungkan kabel USB Sound Card anda ke USB On The Go Anda.

4. Setelah anda menghubungkan kedua kabel diatas, silahkan hubungkan Mic Condensor ke USB Sound Card anda.

5. Jika anda ingin menghubungkan headset, silahkan colokkan headset anda juga pada USB Sound Card.

Catatan: Ada dua colokkan yang disediakan oleh USB Sound Card anda, masing-masing adalah colokkan untuk headset dan colokkan Mic External, jadi jangan sampai salah mencolokkan ya, pastikan anda mencolokkan kabel sesuai dengan ikon pada colokkan masing-masing.

Jika anda memiliki USB Sound Card yang memiliki lampu, pastikan lampu pada USB Sound Card anda menyala, jika tidak menyala berarti ada yang salah dengan Kabel USB OTG maupun USB Sound Card anda.

Cara Menghubungkan Mic Condensor ke Ponsel Android menggunakan Kabel Splitter

1. Siapkan kabel splitter, dengan memiliki empat pin dan tiga cincin pada colokkannya.
2. Hubungkan kabel splitter anda ke colokkan headset android anda.
3. Kemudian colokkan kabel microphone external anda ke ponsel android anda.
4. Jika ingin menggunakan headset, silahkan colokkan juga headset anda ke kabel splitter.

Catatan: Kabel splitter anda nantinya memiliki dua colokan, sama seperti pada USB Sound Card, satu colokan untuk headset, dan satu colokan lagi untuk microphone external.

Kabel splitter juga mempunyai berbagai macam bentuk, ada yang memiliki bentuk kabel seperti USB OTG, ada juga yang tidak memiliki kabel dan berbentuk seperti tanduk, jadi silahkan pilih sesuai dengan selera anda.

Kelebihan Menggunakan Microphone External dibandingkan dengan Microphone Bawaan Android

Jika anda menggunakan mic external, tentu kualitas suara jauh berbeda dengan kualitas suara menggunakan microphone bawaan android, namun tergantung juga dengan mic external yang anda gunakan. Dalam hal ini saya pernah menggunakan mic condensor bm700 dan hasilnya kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih dibandingkan biasanya.

Ditambah lagi kualitas suara yang dihasilkan kini tidak terdapat noise lagi, karena sudah terdapat penyaring pada mic condensornya, sehingga anda tidak perlu lagi menghilangkan suara noise secara manual menggunakan software komputer.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya tulis disini, semoga artikel ini bermanfaat bagi semua pembaca disini.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

51 Komentar untuk "Cara Menghubungkan Microphone External ke Ponsel Android"

  1. Makasih ilmunya gan. Kalo boleh tau, secara kualitas input audionya, lebih bagus via OTG (Ext Soundcard) atau via Splitter ya gan? Apa agan sudah coba kedua metode tsb? Makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau secara kualitas, tetap tergantung dari microphone ekstenalnya. USB Souncard/splitter hanyalah sebagai perantara untuk menghubungkan microphone eksternalnya ke ponsel android.

      Hapus
  2. Kalo digunakan buat ngerekam gk butuh aplikasi tambahan lagi kan?

    BalasHapus
  3. mau tanya gan, apakah suara kita yg masuk ke dalam mic bisa keluar di headset atau hanya suara music saja yang keluar di headset?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang kedengeran cuma suara musik kok, kalau posisi ngerekam nggak bakal kedengeran di headset.

      Hapus
  4. Punya saya pake xiomi note 5,mic bm800..saat rekaman ko masih pakai mic hp bkan bm800??gmana gan caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin mic nya nggak terhubung sama hapenya, bisa jadi karena kabelnya memang gak konek

      Hapus
    2. itu pake splitter atau pake usb soundcard? kalau gak bisa pake soundcard coba pake splitter begitupun sebaliknya..

      Hapus
  5. gan sya pke buat smule pke usbsouncard dan mic condensor,sblmnya sih lancar tpi skrg jdi gk bs gtu gan..jdi pas mau nyanyi malah stuck diem gtu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. usb soundcardnya nyala gak? kalau usb soundcardnya gak nyala mungkin terletak pada kabel OTGnya.

      Hapus
  6. nah klo misal saya nyolokin ekstern microphone sama nyolokin earphone yang ada microphone nya juga nnti suaranya apakah double apa cuma dri ekstern micro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma dari eksterbal microphone aja kok, jadi nggak perlu khawatir

      Hapus
  7. Saya coba colok kabel splitter di hp android. Saya pakai kabel buat mic dan kabel buat headset juga. Tapi kenapa yang berfungsi cuma kabel mic ya? Suara yg keluar malah kedengeran di speaker hp, bukan di headsetnya.
    Itu yg bermasalah kabel splitternya/hpnya/headsetnya ya kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah coba ganti splitter lain? kalau di splitter berikutnya masih tidak berfungsi, kemungkinan masalahnya terletak pada androidnya, jika berfungsi kemungkinan masalahnya terletak pada splitternya.

      Hapus
  8. tp untuk merekam video pada kamera bawaan ponsel, soundcard tidak berfungsi. alhasil kudu pake aplikasi lain gan... ada yang tau knapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti aplikasi bawaan ponselnya yang tidak mendukung, selama masih bisa pakai aplikasi lain sebenarnya gak masalah.

      Hapus
  9. Klo vivo v9 gk bsa pke mic external yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan bisa, kalau gak bisa pake usb soundcard, coba pake splitter.

      Hapus
  10. Sdh dicoba segala cara tetep tudak bisa bunyi micnya..... Ke laptop suara hanya terdengar di headset..... Di hp oppo f9 juga tidak bisa keluar suaranya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang menggunakan usb sound card, mungkin
      bisa coba pake splitter dulu karena splitter mendukung banyak perangkat android, jika masih tidak bisa, kemungkinan masalahnya terletak pada mic nya.

      Hapus
  11. Mau tanya kalau buat soundcard buat live bigo bagus pakai xox ks108 atau behringer uca 222 ya
    Nanti mau saya colok 2hp , headset dan micropone bisa kan
    Hp saya redminote 5 dan mau pakai otg
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pemilihan soundcard bebas gan, karena soundcard hanya berfungsi untuk menghubungkan microphone eksternal dengan android, jadi tidak berpengaruh ke kualitas suara. tapi kalau pemilihan microphone, rekomendasi saya bm800.

      Hapus
  12. Mohon izin, kak klo hp gak support OTG apa tetep gak bisa pake sound card? Dan kalo bisa apa itu akan ada problem nantinya? Mohon penjelasan nya kak. Thanks

    BalasHapus
  13. Kalau nggak support OTG solusinya pake splitter gan.

    BalasHapus
  14. gan hp saya kan mendukung OTG ,tapi saya pakai spliter ,tetap bisa kan ?

    BalasHapus
  15. Gan,,,setelah sound card dipasang di hp,apakah hrs ngrubah setingan hp lgi.ini pny sya gak fungsi.

    BalasHapus
  16. langsung pake gan, kalau gak fungsi, berarti memang nggak support.

    BalasHapus
  17. Gan di spliter kan ada dua lubang kan ya. Yang satu buat mic yang satu buat headset kan. nah kalo saya pakai headset yang ada mic nya jadi saya colokin kemana. Makasih mohon dijawab

    BalasHapus
  18. Gan numpang nanya , td ane buka smule tp kok suaranya malah kecil sama putus2 ya ? Kabel spliter kayaknya aman soalnya dari headset musik jelas bgt tp bagian pas nyanyi malah putus2 gan 😅 padahal pas rekaman suara biasa itu mic fungsi gan

    BalasHapus
  19. HP saya support OTG jadi saya memutuskan untuk pakai USB soundcard karena suaranya lebih besar di banding pakai Splitter, nah masalahnya itu setiap saya rekam suara selalu ada bunyi "ngiiiing" gitu,mirip suara radio statis. Ada solusi nggak?

    BalasHapus
  20. Mas,gw udh coba pake usb sound card sama kabel aux dan berhasil mas, tpi kok ada suara noisenya yah? Kira"penyebabnya apa yah? Thanks

    BalasHapus
  21. noise itu bisa muncul karena beberapa penyebab, salah satu contohnya adalah karena adanya angin yang berhembus sewaktu proses perekaman suara.

    BalasHapus
  22. Not working for me.. soundcard and spliter, same not working gak ada suara

    BalasHapus
  23. Gan, cara bedain hp yg support OTG atau Splitter gmana ya?

    BalasHapus
  24. Tanya donk,, sy pakai soundcard v7.1 untuk micnya bisa masuk suara tp untuk headsednya tdk kluar suara.. mohon solusinya teimakasih

    BalasHapus
  25. Mas,kalo di hp advan s5e kira" bisa gak ya??

    BalasHapus
  26. bisa dilihat dari spek hapenya gan

    BalasHapus
  27. Ka kalo saya masalahnya gini, kan baru beli mic condenser nya di salahsatu olshop gitu, nah pas dicobain ke hp gk nyala micnya,itu aku hubungin pake splitter, trus aku beli splitter tapi yang ada kbelnya dan tetep gk bisa juga,itu aku udh pke hp tmen yg support otg juga dan gk bisa nyala, kira2 itu problemnya di mic/splitter/kbel micnya ya, mhon bantuannya kak🙏

    BalasHapus
  28. Sudah pernah coba usb soundcard?

    Jika ternyata bisa, berarti problemnya terletak pada kabel splitter.

    Kabel splitter yang dibeli harus mempunyai kriteria berikut:
    1. Mempunyai empat pin.
    2. Mempunyai tiga cincin.

    BalasHapus
  29. Apakah mic bm800 untuk yang ke hp tidak suport phantom power, masalahnya menggunankan phantom power terdengar lebih keras akan tetapi noise.?

    BalasHapus
  30. Kenapa hp redmi 8 gak bisa conect ma mic bm800???

    BalasHapus
  31. Mas kalau buat telfonan gimana caranya? Apakah bisa langsung tanpa aplikasi tambahan?

    BalasHapus
  32. Gan kalo mic condenser nya di ganti pake mic lavalier

    BalasHapus
  33. kenapa dengan hp oppo masih tidak bisa di hubungkan dengan mix BM 800,,audio splitter tidak bisa dengan audio sound card pun sama...gimana gun solusinya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel