Mengaktifkan Facelock Untuk Membuka Kunci Secara Otomatis di Funtouch OS

Baru-baru ini Funtouch OS menghadirkan fitur terbarunya, fitur yang diberi nama Facelock ini memungkinkan kamu untuk membuka kunci secara otomatis menggunakan wajah kamu. Iya, menggunakan wajah kamu, bukan wajah orang lain.


Kalau kita pikir-pikir, mungkin tidak masuk akal, apakah mungkin ponsel android dapat mengenali wajah seseorang? jawabannya adalah bisa. Sama seperti fitur fingerprint yang pernah saya bahas sebelumnya. Bedanya fingerprint mengenali kamu melalui jari kamu, sedangkan ini memakai wajah asli kamu.

Bukan hal yang tidak mungkin, didunia jaman yang serba canggih ini. Kalau kamu membeli ponsel yang membawa sistem operasi Funtouch OS kemungkinan kamu akan menemukan fitur ini.

Salah satunya yaitu di Ponsel Vivo Y53 yang saat ini sedang saya pakai. Sebelumnya saya memakai Xiaomi Redmi Note 4 namun sekarang sudah berganti ponsel lagi, sehingga saya tidak sempat untuk sharing mengenai ponsel tersebut.

Kekurangan Fitur Facelock


1. Telepon anda dapat dibuka kuncinya oleh orang atau objek wajah yang mirip dengan anda, jadi tidak selamanya hanya anda yang dapat membuka kunci ponsel anda. Seseorang yang mempunyai foto anda bisa saja membuka kunci ponsel anda dengan cara menghadapkan kamera depan ponsel anda ke foto atau objek yang mirip dengan anda.

2. Gagal mengenali Wajah ketika berada di tempat redup, atau tempat yang cukup gelap untuk mendeteksi wajah anda. Anda hanya bisa membuka kunci anda bila anda berada di tempat yang terang atau tempat yang cukup cahaya untuk pendeteksian.

3. Kurang aman, karena seperti yang diutarakan oleh fitur ini sendiri, menggunakan facelock kurang aman dibandingkan dengan fitur seperti Sidik Jari, PIN, dan Pola.

Kelebihan Fitur Facelock

1. Tidak perlu mengetik sandi, selama facelock dapat mengenali anda, ponsel anda akan selalu terbuka kuncinya bahkan ketika pertama kali anda menyalakan layar ponsel anda.

2. Dapat menggunakan lebih dari satu wajah, sehingga jika anda ragu dengan pendaftaran wajah, anda bisa menambahkan lebih dari satu wajah, selain itu anda juga bisa mendaftarkan wajah-wajah lain yang memiliki izin atas penggunaan ponsel anda semisal wajah pasangan anda, orang tua, maupun anak anda sendiri.

3. Dapat dinonaktifkan kapan saja, jika anda sudah tidak ingin menggunakan fitur ini lagi anda dapat menonaktifkannya kapan saja. Wajah yang terdaftar didalamnya secara otomatis terhapus.

Setelah mengetahui beberapa kekurangan dan kelebihannya, masihkah anda ingin menggunakan fitur ini? Jika ingin menggunakan fitur ini, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Mengaktifkan Facelock di Funtouch OS


Untuk mengaktifkan fitur ini sebenarnya sangat mudah, berikut ini saya lampirkan gambarnya untuk mempermudah:


Untuk lebih jelasnya silahkan disimak:

1. Buka Pengaturan Ponsel Anda, kemudian pilih Keamanan.

2. Pilih Wajah, seperti pada gambar.

3. Aktifkan Gunakan Wajah untuk Membuka Gembok.

4. Tambahkan Kata Sandi untuk alternatif membuka Gembok, kemudian Verifikasikan kata sandi baru anda.

5. Sekarang isi pertanyaan keamanan anda, semisal apa nama sekolah dasar anda dan siapa nama sahabat masa kecil anda?

Pertanyaan keamanan ini nantinya akan digunakan ketika anda melupakan kata sandi layar kunci atau kata sandi privasi, jadi fungsi dari pertanyaan keamanan ini adalah untuk menonaktifkan kata sandi yang telah anda lupakan.

Isilah dengan pertanyaan yang paling mudah untuk dijawab, setelah semuanya sudah benar, klik Selesai. Anda akan masuk ke halaman penafian, baca kemudian pilih Oke.

6. Scan wajah anda dengan menghadapkan wajah ke kamera, tunggu beberapa detik sampai pendeteksian mencapai 100%. Sekarang wajah sudah ditambahkan.

Beberapa tips saat anda sudah mengaktifkan facelock:

Nonaktifkan pengenalan cepat, untuk mengurangi kemungkinan ponsel kamu dapat dibuka menggunakan foto atau video.
Jangan scan wajah kamu di tempat redup, untuk menghindari kegagalan pendeteksian wajah saat anda menggunakan facelock.

Ingat, gunakan fitur ini jika anda sudah tahu kelebihan serta resikonya untuk anda sendiri. Kalau admin sendiri lebih memilih untuk menggunakan penguncian biasa seperti Pola, PIN, dan Kata Sandi daripada harus mengaktifkan fitur seperti ini. Bukan karena takut tidak aman, akan tetapi admin lebih memilih karena admin rasa ini tidak perlu.

Mungkin cukup sekian dari panduan yang saya share semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat khususnya untuk pemula.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengaktifkan Facelock Untuk Membuka Kunci Secara Otomatis di Funtouch OS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel