6 Pengaturan Untuk Mengontrol Privasi Anda di Whatsapp

Whatsapp adalah sosial media yang paling populer hingga saat ini selain dari facebook, twitter, instagram dan google plus. Tapi meskipun whatsapp sudah sangat populer, whatsapp tetap mengutamakan kepentingan penggunanya daripada kepentingan perusahaannya sendiri.


Hal itu dibuktikan dengan adanya salah fitur enkripsi end-to-end yang menyatakan bahwa whatsapp beserta pihak lainnya tidak dapat membaca pesan atau mendengarkan panggilan yang anda lakukan. Artinya whatsapp tidak pernah menyimpan data-data privasi anda, melainkan anda sendiri yang menyimpan semua informasi anda.

Informasi seperti panggilan atau pesan yang anda lakukan di whatsapp sebenarnya tersimpan didalam kartu SD anda, kalau anda ingin tahu, anda bisa mencoba melepaskan kartu SD anda dan anda akan melihat beberapa media seperti gambar dan audio yang dikirimkan tidak dapat diputar pada aplikasi whatsapp.

Kalau anda khawatir dengan masalah privasi anda, sebenarnya whatsapp sudah menyediakan beberapa fitur untuk mengontrol sepenuhnya atas privasi anda sendiri.

Jadi anda tidak perlu khawatir dengan privasi anda, karena anda tinggal mengatur beberapa menu privasi yang sudah disediakan, diantaranya yaitu:

Mengontrol siapa saja yang dapat melihat foto profil, status, info, dan juga waktu terakhir kali kita online.

Kenapa kita harus mengontrol semua privasi diatas?

Karena secara default, privasi kita akan tersetel ke semua orang, baik itu info profil, foto profil, maupun beberapa privasi whatsapp yang lainnya. Jadi, sebagai salah satu pengguna yang peduli dengan privasi sendiri, ada baiknya kita ubah semua pengaturan diatas sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.

Berikut ini adalah beberapa menu privasi yang disediakan oleh Whatsapp:

Foto Profil

Siapa saja yang dapat melihat foto profil kita?

Jika semua orang dapat melihatnya berarti kita sudah memberi kesempatan pada orang yang tidak kita kenal untuk melihat foto profil kita.

Untuk penggunaan Whatsapp secara pribadi, ada baiknya kita mengatur privasi ini ke Kontak Saya. Sehingga hanya kontak yang anda simpan yang dapat melihat foto profil anda.

Info

Siapa yang dapat melihat info profil saya?

Jika pengaturannya tersetel secara default ke semua orang, anda dapat merubahnya ke kontak saya atau tidak ada.

Sebenarnya kita bisa membiarkan privasi ini ke semua orang, karena beberapa orang yang sudah mengenal kita biasanya akan mulai mengenali akun kita berawal dari info profil yang kita simpan.

Terakhir dilihat

Siapa saja yang dapat melihat waktu ini?

Pengaturan ini secara default tersetel ke semua orang, waktu terakhir dilihat adalah waktu kapan terakhir kali kita sedang online, kita bisa mengatur privasi ini hanya kepada kontak anda saja.

Karena meskipun privasi ini terlihat sangat sepele, biasanya privasi ini sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengincar akun kita.

Lokasi

Untuk fitur ini, sebaiknya tidak usah diaktifkan, saya sendir juga tidak mengaktifkan fitur ini kecuali jika ada keperluan penting semisal hubungan antara teman yang ingin bertemu.

Status

Fitur yang sama seperti story pada instagram dan facebook, fitur ini memungkinkan kamu untuk berbagi cerita kepada kontak anda di Whatsapp.

Secara default fitur ini akan tersetel ke kontak saya, bukan publik. Jadi hanya kontak andalah yang dapat melihat pembaruan status anda di whatsapp.

Jika anda mau, anda dapat mengontrol beberapa privasi seperti "hanya kontak yang dapat melihat" atau "kontak saya kecuali".

Laporan dibaca

Fitur yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi mengenai laporan dibaca dari pesan yang sudah anda kirimkan.

Jika anda mengaktifkan fitur ini, maka anda dapat melihat laporan dibaca, sebaliknya jika anda menonaktifkannya maka selain pengguna tujuan, anda juga tidak akan mendapatkan informasi menganai laporan dibaca dari pengguna lain.

Penutup

Jika sudah tahu dengan beberapa pengaturan privasi diatas, lantas apa yang akan anda lakukan selanjutnya?

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "6 Pengaturan Untuk Mengontrol Privasi Anda di Whatsapp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel