Cara Menggunakan Fitur Gerakan Cerdas di Funtouch OS

Setelah saya membahas facelock pada postingan sebelumnya, kali ini saya akan membahas mengenai satu fitur yang sangat unik pada Funtouch OS, yaitu fitur gerakan cerdas. Sebuah fitur yang memungkinkan dapat membantu kamu tanpa harus menyentuh tombol power.


Ada banyak fitur yang tersedia di gerakan cerdas, salah satu fitur yang paling saya sukai yaitu menyalakan dan mematikan layar menggunakan dua kali ketukan. Karena di fitur ini saya dapat menghemat penggunaan tombol power.

Tidak seperti pada kebanyakan ponsel lainnya, jika tombol power kita sudah rusak, kita tidak bisa menyalakan layar kita, bahkan jalan satu-satunya yaitu datang ke service center terdekat, mungkin itu sangat merepotkan.

Jika anda sudah pernah menggunakannya mungkin anda sudah tahu dengan beberapa kekurangan serta kelebihannya, berikut ini saya tampilkan beberapa kelebihan dan kekurangannya berdasarkan pengalaman:

Kelebihan Fitur Gerakan Cerdas

  • Dapat menghemat penggunaan tombol power, serta mencegah kerusakan tombol power karena sering menggunakan.
  • Memudahkan penggunaan seperti menelusuri aplikasi dengan cepat ketika dalam keadaan layar mati.
  • Membuat ponsel kamu makin kece.

Kekurangan Fitur Gerakan Cerdas
  • Mempengaruhi penggunaan baterai android, sehingga jika kamu menggunakan fitur ini maka ini juga akan memakan daya baterai kamu.
  • Mempengaruhi kinerja Ponsel seperti RAM dan Memory, namun tidak terlalu banyak.

Setelah anda membaca kelebihan dan kekurangan seperti yang saya sebutkan, apakah anda tetap menggunakan fitur ini? kalau bagi saya kekurangan diatas tidak sebanding dengan kelebihan yang saya dapatkan, sehingga saya lebih memilih untuk menggunakan fitur ini.

Berikut ini adalah beberapa daftar fitur gerakan cerdas yang terdapat didalamnya:
  • Smart wake
  • Gerakan tanpa menyentuh layar
  • Nyalakan/matikan layar cerdas
  • Panggilan cerdas
  • Guncang untuk menyalakan senter
  • Miringkan untuk perbesar/perkecil gambar
  • Pengingat cerdas

Smart Wake


Fitur pintasan yang memungkinkan kamu untuk membuka aplikasi dengan cepat, fitur ini dapat digunakan ketika posisi layar dalam keadaan mati.

Untuk menggunakan fitur ini, anda hanya perlu menggambar atau menggeser sesuai yang diperintahkan. Jika anda tidak mempunyai aplikasi yang dicantumkan didalam perintah, maka perintah yang anda gunakan hanya sebatas untuk menyalakan layar.

Gerakan tanpa menyentuh layar

Ada dua fitur yang terdapat didalamnya, yaitu fitur untuk menyalakan layar sekilas tanpa harus menyentuh layar dan fitur untuk membuka kunci layar tanpa harus menyentuh layar.

Cara penggunaan fitur ini sangat simpel, anda hanya perlu melambaikan tangan anda didepan layar sejauh 3 sampai 5 cm. Khusus untuk fitur sekilas, syarat penggunaannya harus dalam keadaan posisi layar mendatar.

Nyalakan/matikan layar cerdas

Ada empat fitur yang terdapat didalamnya, yaitu fitur layar menyala ketika dikeluarkan dari saku, mengetuk dua kali untuk menyalakan layar, mengetuk dua kali untuk mematikan layar, dan fitur tetap terang cerdas.

Cara menggunakan fitur ini sebenarnya sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti semua prosedur yang sudah diberikan. Semisal anda ingin menyalakan layar, cukup ketuk layar anda ketika dalam keadaan posisi layar mati.

Guncang untuk menyalakan senter

Ada satu fitur menarik lagi ketika anda tidak sempat untuk menemukan tombol senter, yaitu anda cukup mengguncangkan layar ketika ponsel anda dalam keadaan siaga.

Dengan fitur ini anda tidak perlu lagi mencari-cari tombol senter yang dapat memakan waktu, sedangkan saat ini anda benar-benar butuh senter.

Miringkan untuk perbesar/perkecil gambar

Fitur yang dapat memungkinkan kamu untuk memperbesar atau memperkecil gambar (zoom in dan zoom out) dengan cara memiringkan layar ponsel. Anda juga harus menekan bagian tengah layar sebelum memiringkan ponsel anda untuk memperbesar atau memperkecil gambar.

Sebenarnya fitur ini tidak terlalu dibutuhkan, namun bagi kamu yang suka dengan fitur-fitur menarik seperti fitur ini anda dapat mencoba dan mengaktifkan fitur yang satu ini.

Pengingat Cerdas

Ketika ponsel anda dalam keadaan datar dan terdapat beberapa panggilan tak terjawab atau pesan yang belum dibaca, anda akan mendapatkan pemberitahuan ini di layar ketika anda mengangkat ponsel anda.

Jadi, anda hanya tinggal mengaktifkan fitur ini lalu biarkan ponsel anda yang bekerja untuk anda. Kalau saya rasa fitur ini juga cukup penting, apalagi jika anda sering melakukan panggilan atau berkirim pesan dengan rekan kerja.

Cara Mengaktifkan Fitur Gerakan Cerdas

Untuk mengaktifkan fitur ini:

1. Silahkan masuk ke pengaturan ponsel anda.
2. Kemudian pilih Gerakan Cerdas.
3. Aktifkan Fitur yang anda inginkan.

# Sebagai rasan dari saya, aktifkan fitur yang dirasa perlu, jangan mengaktifkan semua fiturnya.

Seperti yang telah saya bahas pada kekurangan fitur gerakan cerdas, saya lebih memilih untuk mengaktifkan fitur menyalakan atau mematikan layar menggunakan dua ketukan pada layar untuk fitur lain saya tidak menggunakannya.

Demikian semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat, khususnya untuk pemula.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Fitur Gerakan Cerdas di Funtouch OS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel