5 Tips Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android

Ponsel Android merupakan ponsel yang mudah turun kinerjanya, salah satu penyebabnya dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang terinstal. Bukan hanya terinstal, aplikasi tersebut berjalan pada latar belakang bahkan setelah ponsel padam layar. Nah, jika aplikasi terus-terusan berjalan akan mengurangi kinerja ponsel android anda. Jika ini terjadi, android anda akan menjadi lemot, atau paling parahnya hang.


Nah, untuk mengatasi android yang lemot ini caranya dengan menghapus atau menghentikan paksa beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting seperti pada gambar diatas, waktu aktif lebih dari 3 hari, namun kinerja RAM tetap stabil. Jika tidak segera diatasi, hal itu tidak hanya berpengaruh kepada kinerja saja, tetapi juga pada baterai yang cepat habis.

5 Tips Memaksimalkan kinerja ponsel Android

1. Mematikan Fitur Lokasi/GPS
Jika tidak sedang digunakan, sebaiknya matikan fitur ini, karena dapat mengurangi kinerja sekaligus menguras baterai ponsel android anda. Caranya masuk ke setelan > akses lokasi > uncentang akses ke lokasi saya.

2. Menghentikan atau Menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan
Ya, terlalu banyak menginstal aplikasi juga dapat menurunkan kinerja sekaligus menguras baterai. Gejalanya android anda akan lemot/hang jika aplikasi berjalan hingga memakai semua ram android anda.

3. Jangan Gunakan Live Wallpaper
Live wallpaper sama seperti wallpaper animasi, memang sangat bagus untuk tampilan layar utama android, tapi live wallpaper juga dapat menguras baterai android anda, lebih baik memakai wallpaper biasa dan sederhana.

4. Hapus Recents App yang tidak dipakai
Biasanya banyak orang yang melewatkan ini ketika selesai menggunakan aplikasi. Akibatnya banyak RAM yang terpakai sia-sia, karena aplikasi yang ada di daftar recents app tidak terpakai. Untuk masuk ke Recents App setiap ponsel mempunyai cara yang berbeda, ada yang menekan lama tombol home atau menekan lama tombol menu.

5. Mengatur kecerahan seperlunya
Tidak hanya berpengaruh terhadap kinerja ponsel android, kecerahan yang tidak terlalu terang juga lebih menghemat penggunaan baterai android anda. Jika ada fitur kecerahan otomatis atau manual, sebaiknya gunakan yang manual.

Intinya kinerja ponsel android bergantung pada penggunaan ram dan internal android anda. Semakin sedikit ram bebasnya, kinerja android anda akan berkurang ditandai dengan android yang sering hang atau lemot. Sangat berbeda jauh dengan Android yang mempunyai RAM diatas 2GB.

Demikian semoga 5 Tips Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android bermanfaat bagi pembaca khususnya untuk pemula.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Memaksimalkan Kinerja Ponsel Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel