Cara Membuat Video Slide Menggunakan Aplikasi Viva Video Pro

Sebagaimana kita ketahui, kebutuhan multimedia saat ini tidak hanya sebatas merekam, membuat, atau mengedit sebuah video saja, akan tetapi masih ada hal lainnya yang bisa dilakukan dengan multimedia sebagai contohnya yaitu mengubah perasaan si penonton video.

Teknik Mengedit video, adalah salah satu contoh peran multimedia yang sangat unik, pasalnya, hasil editan video yang sesuai dengan teknik biasanya bisa menimbulkan beberapa perasaan yang berbeda-beda terhadap orang yang melihat karyanya, ada yang sedih, senang, maupun takjub melihatnya.

Contohnya seperti saat kita menonton sebuah film, pasti perasaan yang ditimbulkan berbeda-beda tergantung dari setiap film yang ditonton.

Itulah contoh keunikan dari multimedia, dan sebenarnya masih banyak keunikan lainnya yang bisa ditimbulkan dari multimedia tapi tidak saya sebutkan mengingat pasti akan sangat panjang jika di jelaskan.


Disini saya hanya akan mengajarkan anda bagaimana cara membuat video slide menggunakan aplikasi vivavideo pro.


Apa yang dimaksud dengan Video Slide?


Video slide adalah sebuah video yang hanya menampilkan sekumpulan foto-foto saja, mirip seperti sebuah GIF, namun letak perbedaannya adalah, GIF tidak bisa ditambahkan suara sedangkan Video slide bisa ditambahkan suara.

Untuk soal kegunaan video slide, saya tidak perlu menjelaskannya, karena kegunaan video slide sangat umum dikalangan masyarakat.

Lanjut ke Viva Video,

Viva Video adalah aplikasi editor video khusus untuk pengguna android, jika anda menggunakan komputer, anda bisa menggunakan software bawaan windows untuk membuat video slide seperti windows movie maker, dan hasilnya mungkin tidak jauh beda dengan viva video.

Karena viva video mungkin terlihat asing bagi kalangan pengguna android, berikut ini saya akan membagikan panduannya.

Oke, langkah pertama, siapkan Aplikasi Viva Video Pro

Aplikasi ini sebenarnya bukan aplikasi gratisan melainkan aplikasi berbayar, jika anda ingin mendapatkan aplikasi ini anda bisa membelinya di Google Playstore dengan harga yang sangat murah dibandingkan dengan beberapa aplikasi editor lainnya, kira-kira hanya 43rb, karena saya pernah membelinya dengan harga tersebut, mungkin sekarang sudah berubah.

Selain itu, Viva Video juga memberikan fungsi dan fitur yang sangat bagus sehingga anda tidak akan rugi jika membelinya.

Namun, apabila anda mempunyai masalah dengan pembayaran, anda bisa membeli Viva Video menggunakan Pulsa Telkomsel.

Bagaimana cara membeli aplikasi di Google Playstore menggunakan pulsa? silahkan baca: Cara Membeli Aplikasi Playstore Menggunakan Pulsa

Setelah membeli aplikasi, otomatis aplikasi akan langsung terdownload

Oke, saya anggap anda disini sudah mempunyai Aplikasi Viva Video Pro

Sekarang, siapkan beberapa gambar yang akan dijadikan bahan editor, sebagai contoh saya akan menggunakan gambar asal-asalan berikut.


Setelah memiliki bahan untuk editor video, mari kita buka aplikasi Viva Video Pro untuk mengedit gambar tersebut.

Menggabungkan Beberapa Gambar Menggunakan Viva Video Pro

Karena pada langkah ini kita akan menggabungkan beberapa gambar, maka dari itu silahkan buka menu Tampilan Slide dalam aplikasi Viva Video Pro.


Sekarang silahkan piliih beberapa gambar yang ingin dimasukkan kedalam daftar video slide.


Setelah memilih beberapa gambar, klik selanjutnya.

Dari sini sebenarnya anda bisa langsung mengekspor Video kedalam format mp4 namun jika anda ingin video anda lebih bagus lagi, silahkan lanjut membaca.

Menambahkan Efek Transisi kedalam Video Slide.

Efek transisi adalah efek untuk mempercantik video atau foto slide ketika salah satu foto slide anda berganti ke foto berikutnya.

Efek ini sangat bagus, dan mungkin akan sedikit memberikan sentuhan terhadap video yang anda edit.

Untuk menambahkan efek transisi ini silahkan buka menu edit, kemudian buka menu transisi, disini anda bisa memilih transisi yang sesuai dengan tema video anda.

Transisi apa yang paling bagus untuk video slide?

Semua transisi sebenarnya sama saja, hanya saja disesuaikan dengan video yang anda edit saat ini, dalam hal ini yang terpenting adalah tidak melebih-lebihkan efek transisi disetiap bergantinya foto, agar editan kita nantinya tidak terkesan berantakan atau berlebihan.

Transisi yang paling saya sukai adalah X Fade, jika tidak ada transisi yang paling paling cocok, biasanya saya lebih memilih untuk tidak memakai transisi sama sekali.

Menambahkan Musik kedalak Video Slide

Di viva video, anda sudah disediakan berbagai pilihan musik bawaan yang siap dipakai, hanya saja beberapa musik diatas tidak terlalu menarik bagi anda dan musiknya hanya itu-itu saja, untuk mengganti dengan berkas musik lainnya silahkan pilih:
  • Menu Musik
  • Perpustakaan Saya
  • Pindai Musik
  • Setelah memindai, anda bisa memilih musik yang berasal dari kartu SD anda.

Mengedit durasi untuk setiap foto yang tayang

Karena pada editor ini hanya dikhususkan untuk video slide, anda bisa mengatur durasi untuk foto-foto yang sudah anda tambahkan. Caranya, buka menu durasi kemudian piliih durasi yang ingin anda terapkan untuk setiap bergantinya foto.

Anda bisa mengubah durasi setiap foto mulai dari 0,2 hingga 10 detik.

Menghapus atau Menambahkan Gambar kedalam Video

Jika anda ingin menghapus salah satu gambar yang terdapat dalam video slide, anda bisa menghapusnya dengan cara:

Buka menu Edit kemudian pilih menu pengeditan klip.

Pada icon silang yang terdapat disetiap foto, anda bisa mengkliknya untuk menghilangkan/menghapus foto tersebut.

Untuk menambahkan gambar baru cukup tekan icon plus.

Kemudian untuk mengubah posisis gambarnya, anda bisa menekan lama pada gambar yang anda pilih kemudian geser ke posisi yang anda inginkan.

Menambahkan Text Kedalam Video Slide

Jika anda ingin menambahkan beberapa pesan kedalam video, anda bisa menggunakan fitur Teks yang terdapat pada viva video, fitur teks ini sangat berguna apabila anda juga ingin menambahkan beberapa subtitel versi anda sendiri.

Untuk menambahkan teks:
  • Pilih menu Edit.
  • Kemudian pilih menu Teks.
  • Klik Icon Teks Plus.
  • Sekarang, Tulis Teks Anda.
  • Jika sudah menulis teks, klik icon centang.

Mengekspor Video dalam Kualitas HD

Sampai disini, saya anggap anda sudah mengedit video-video anda menggunakan Viva Video Pro, jika anda ingin menyelesaikan proyek anda, klik bagikan yang terdapat pada menu pojok kanan atas, kemudian pilih Ekspor.

Sekarang pilih lagi Ekspor Ke Gallery.


Dalam kualitas Ekpor, saya sarankan untuk memilih Ekspor dalam Kualitas HD (720 pixel) meski Ekspor dibutuhkan waktu yang lumayan lama. Namun kulitas video yang dihasilkan nanti juga tidak akan mengecewakan.

Demikianlah, tulisan diatas adalah sedikit pencerahan bagi yang sedang belajar menggunakan viva video untuk membuat video slide, semoga tutorial mengenai Cara Membuat Video Slide Menggunakan Aplikasi Viva Video Pro bermanfaat.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Video Slide Menggunakan Aplikasi Viva Video Pro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel