3 Tips Jika Kamu Ingin Menyembunyikan File Penting di Android

Membahas mengenai file penting rasanya teringat sesuatu ketika ponsel android saya dipinjam oleh seorang teman dan tanpa sengaja dia melihat catatan file pin atm saya. Catatan tersebut berbentuk file txt, sengaja catatan pin atm tersebut saya simpan pada memory telepon paling luar untuk berjaga-jaga jika sewaktu saya lupa pin atm saya bisa langsung melihat catatan di hp saya.

Namun ternyata hal yang saya lakukan begitu ceroboh dan menjadi kesalahan fatal saya karena jika ponsel android saya dipinjam oleh orang lain, mereka bisa segera mengetahui pin atm saya, selanjutnya tinggal memiliki kartu atmnya saja. Pin atm itu diibaratkan sebuah kunci, dan kartu atm adalah pintunya, jadi kalau sudah dapat kuncinya tinggal mencari pintu yang akan dibuka.

Menaruh file penting seperti ini sangat tidak aman, dan cukup saya saja yang mengalami, jadi kalau punya file penting semacam ini jangan simpan diluar sdcard, jangan sampai anda mengalami kejadian seperti saya.

Untuk menyimpan file penting sebaiknya menggunakan trik khusus agar tidak mudah file anda diketahui oleh orang lain, berikut saya bagikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda.

Setelah lama mempelajari ilmu mengenai android, kali ini saya akan berbagi tips menyembunyikan file dan folder di file manager. Tips yang saya bagikan bukan sekedar memindahkan file kedalam folder lain, atau malah menggunakan aplikasi pengunci file tambahan.

Mungkin sedikit berbeda dengan tutorial yang ada di website lain, berikut langsung simak saja.

1. Buatlah Folder Teka-teki

Anda bisa membuat satu folder diluar sdcard contohnya anda beri nama "teka-teki", lalu buatlah 10 folder lagi didalamnya, berilah nama folder tersebut dengan angka 1 sampai sepuluh, selanjutnya buatlah 10 folder lagi pada masing-masing 10 folder. Membingungkan bukan? seperti itulah cara saya mengamankan file penting saya agar tidak mudah dibuka oleh orang lain ketika ponsel saya sedang dipinjam.


Folder teka-teki yang saya buat cukup panjang, sehingga saya harus mencatat nama-nama folder yang saya buat, misalnya "teka-teki-1-3-2-6-7", artinya file pentingnya sudah saya masukkan kedalam folder 7. Jika bingung, anda dapat langsung melompat ke tips selanjutnya dari saya, tips ini sudah saya coba berdasarkan pengalaman saya sendiri dan benar teman yang meminjam ponsel saya tidak bisa menemukan file penting saya karena kebanyakan folder, hehe.

2. Tambahkan Tanda titik pada awal Nama Folder

Secara default, nama folder yang berawalan dengan simbol (.) titik akan dideteksi sebagai folder tersembunyi. Folder seperti ini tidak akan bisa dibaca oleh system android, misalkan anda menyimpan sebuah foto didalamnya, folder yang berisi foto tersebut tidak akan ditampilkan di galery ponsel sampai anda memindahkan semua fotonya kedalam folder yang lain.

Folder tersembunyi hanya dapat ditemukan setelah menyetel opsi file manager anda dari "sembunyikan file tersembunyi" menjadi "tampilkan file tersembunyi" begitupun sebaliknya. Jika ingin menyimpan file penting, anda dapat membuat folder tersembunyi didalam sdcard dengan nama berawalan (.) titik, misalnya .ContohFolder.


Gambar diatas merupakan contoh folder yang akan saya buat.

3. Ubah extensi file dengan cara merename bagian akhir format file.

Jika anda mempunyai file berformat txt, jpg, mp3 dan ingin menyembunyikannya, anda dapat merubah format file anda dengan format lain, misalnya anda mempunyai file jpg dan ingin menyembunyikannya anda dapat mencoba merubah formatnya menjadi txt. Tujuan mengubah extensi seperti ini tidak lain hanya menyembunyikan file untuk sementara waktu, jika ingin mengembalikan file anda dapat merename seperti semula.

Anda diharuskan memiliki aplikasi file manager yang mendukung rename sampai ke format file, agar proses lancar saya sarankan gunakan aplikasi yang mudah digunakan seperti aplikasi explorer. Selain dapat mengubah format file, anda juga dapat membuat arsip zip tanpa aplikasi tambahan lagi.


Berikut cara mengubah extensi file:

  • Masuk ke Aplikasi Explorer yang sudah anda pasang.
  • Cari file yang ingin anda ubah extensinya.
  • Rename, ubah format akhirnya dengan format yang lain atau hapus saja formatnya agar file penting anda tidak dapat dibaca oleh orang lain


Jangan lupa untuk merename kembali seperti semula jika ingin mengakses file anda kembali.

Memang sangat menjengkelkan bukan ketika file yang harusnya rahasia malah dilihat oleh orang lain, apalagi itu menyangkut dengan catatan kata sandi akun email, akun sosmed, dan akun internet banking kita. Jika sudah terjadi demikian, maka tidak masalah jika yang meminjam ponsel kita adalah teman baik kita sendiri, namun jika suatu saat ponsel anda dipinjam oleh orang yang baru kenal entah apa yang akan terjadi.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan saya jamin file yang anda sembunyikan tidak mudah ditemukan oleh orang lain karena yang saya tulis merupakan pengalaman saya pribadi, selamat mencoba.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Jika Kamu Ingin Menyembunyikan File Penting di Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel