Cara Mengatasi Hp Oppo A37 Yang Lemot

Masalah hp lemot sering menjadi kendala saat sedang asyik main game atau juga saat berkirim pesan. Termasuk pada hp Oppo A37.

Nah, bagaimana cara mengatasi hp Oppo A37 lemot parah ini?

Tentu masalah ini akan sangat mengganggu saat tak segera ditangani.


Banyak pengguna yang tidak faham cara mengatasi permasalahan hp lemot. Agar tidak mengganggu saat anda mengunakan hp, perlu anda praktekkan cara berikut.


Cara Mengatasi Hp Oppo A37 Yang Lemot


Ketika anda lelah menggunakan hp yang lemot saat main game, browsing, dan kamera, sebelum anda mengeluarkan dana untuk membeli hp baru dan membuang hp yang lemot, gunakan cara berikut.

1. Gunakan ROM COLOR OS Terupdate


Jika sebelumnya anda belum pernah mengecek Update ROM dari Pembaruan sistem, silahkan cek update ROM anda terlebih dahulu. Barangkali ada Update-an yang sedang menanti.

Tidak sama dengan kebanyakan produsen hp, Oppo biasanya mengembangkan custom ROM sendiri yang bernama Color QS.

Namun perangkat Oppo A37 dirasa mulai melambat dan perlu untuk diperbaharui perangkat lunaknya.

Color OS berfungsi untuk membersihkan cache dan file sampah lainnya.

Jaga RAM Agar Tidak Penuh


Meskipun HP Oppo A37 sudah dibekali RAM 2 GB

Anda tetap anda harus waspada dalam penggunaan RAM anda. Salah satunya yaitu karena penggunaan aplikasi pada latar belakang.

Bila anda menemukan aplikasi yang berjalan dilatar belakang, silahkan paksa berhenti aplikasi tersebut melalui Pengelola Aplikasi di Pengaturan.

Paksa berhenti semua aplikasi yang menurut anda memang harus diberhentikan agar kinerja RAM Oppo A37 anda bertambah.

Seperti aplikasi game, musik (jika tidak sedang dipakai), browser dan lain sebagainya. Tidak termasuk aplikasi Chatting dan sosial media, karena jika anda memberhentikan aplikasi Chatting, anda tidak akan mendapatkan pemberitahuan pesan masuk.

Apakah saya bisa menggunakan cara lain selain memberhentikan Aplikasi?

Tidak ada cara lain untuk itu kecuali anda menguninstal Aplikasi.

Ingat, memberhentikan aplikasin bukan berarti menghapus data anda, tetapi ia hanya berhenti bekerja untuk sementara.

Kalau bisa, berhentikan aplikadi anda sekarang juga, namun tetap sisakan minimal 400 MB untuk mencegah kelemotan. Minimal dengan sisa sebesar itu anda akan mudah untuk menjalankan aplikasi, kecuali game.

Jaga Ruang Penyimpanan


Cara mengatasi hp Oppo A37 lemot selanjutnya yaitu menjaga ruang penyimpanan.

Perlu diingat jika anda hobi bermain sosial media seperti Facebook, sebaiknya anda beralih ke versi premium.

Sosial media dan messenger akan memakan banyak RAM.

Kalau bisa, ruang penyimpanan internal jangan sampai penuh. Sebagian pengguna Oppo A37 sering tidak menyadari performa hp mereka menurun saat memori internal penuh. Salah satunya yaitu karena Aplikasi Facebook dan Messenger.

Saya sering sekali menemukan hape yang lemot seperti ini karena diakibatkan oleh penggunaan Aplikasi Sosial Media.

Beberapa dari teman saya pernah mengeluh kepada saat soal masalah hape yang lemot. Namun setelah saya cek penyebabnya, ternyata kebanyakan dari mereka menggunakan terlalu banyak aplikasi, salah satunya yaitu Aplikasi Facebook dan Messenger.

Facebook dan Messenger sebaiknya lebih cocok digunakan oleh Smartphone dengan RAM 3 GB atau diatasnya. Untuk Ponsel dengan RAM 2GB seperti Oppo A37 ini, sebaiknya menggunakan Facebook dan Messenger versi Lite.

Kelola Aplikasi Terunduh


Kelola aplikasi dengan baik agar kinerja hp tetap baik. Semakin banyak aplikasi yang anda unduh, tentu akan membuat lemot saat ruang penyimpanan penuh.

Jika perlu, Uninstal Beberapa Aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

Atau jika anda tidak ingin menghapusnya, silahkan berhentikan saja aplikasi tersebut seperti pada penjelasan saya sebelumnya.

Salah satu cara mengatasi hp Oppo A37 lemot ini bisa anda terapkan dengan mudah.

Gunakan Anti Virus


Permasalahan hp lemot juga berasal dari adanya virus di hp anda. Virus yang tidak anda sadari adalah musuh terbesar bagi perangkat lunak dengan sistem di dalamnya.

Untuk mengatasi keberadaan virus, anda bisa mengunduh aplikasi anti virus yang cocok untuk membersihkan hp anda.

Pengunduhan sebaiknya jangan berlebihan karena juga bisa mengakibatkan hp lemot.

Cukup instal satu antivirus saja.

Perbaharui Aplikasi (Jika Perlu)


Jika perlu, anda harus rajin mengecek semua aplikasi dan memperbaharui aplikasi ke versi terbaru agar tidak membuat lemot hp anda.

Aplikasi yang tidak diperbaharui akan memakan banyak ruang penyimpanan anda.

Kenapa? Mungkin saja ada beberapa fitur yang belum sempat dioptimalkan oleh pihak penyedia aplikasi, sehingga aplikasi yang anda instal mungkin masih belum optimal.

Reset Pengaturan Pabrik (Optional)


Langkah ini tidak wajib, Reset ulang hp anda jika semua cara tadi tidak merubah cara kerja hp anda. Namun perlu diingat, saat anda mereset ulang ke setelan pabrik, maka semua data dan aplikasi yang akan hilang.

Sebaiknya anda membackup semua data anda ke komputer, kalau perlu, salin semua folder yang terdapat di hp anda lalu pindahkan ke penyimpanan PC anda.

Kemudian anda bisa menyetel ulang hp anda ke pengaturan pabrik.

Resiko Penyimpanan Penuh dan Solusi


Dampak memori internal penuh bukan hanya membuat hp anda akan lemot, namun terkadang ada hp yang bisa menutup aplikasi yang sedang dibuka dan bisa restart berulang-ulang. Perlu anda tahu, anda juga bisa menyimpan file di GOOGLE DRIVE sampai 15 GB untuk setiap akun yang aktif.

Supaya penyimpanan internal tidak penuh, anda bisa memanfaatkan memori internal untuk menyimpan aplikasi saja. Untuk menyimpan foto, video dan file lain, anda bisa menggunakan memori tambahan.

Jika semua permasalahan ini tidak bisa diselesaikan dengan cara mengatasi hp Oppo A37 lemot, anda bisa segera membeli ke model smartphone terbaru dengan fitur lebih baik. Namun akan lebih baik jika anda mencoba semua trik diatas.

Keyword: cara mengatasi hp oppo a37 lemot

Dapatkan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Hp Oppo A37 Yang Lemot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel