Cara Menghubungkan Keyboard USB menggunakan Kabel UTG

Bagi kalian yang mempunyai kabel USB OTG atau USB On The Go, pasti kalian tahu begitu banyak fungsi yang bisa kalian pakai, mulai dari menggunakan mouse pada ponsel, menggunakan keyboard pada ponsel, dan yang paling sering dipakai adalah menggunakan flashdisk pada ponsel.


Tetapi berdasarkan pengalaman saya pribadi, tidak semua merek keyboard maupun mouse dapat digunakan untuk ponsel android anda, pasalnya tergantung juga dari fungsi kabel otg yang anda gunakan. Merek kabel OTG yang saya pakai adalah Mobile phons OTG Connect kit dan bermodel S-K07, untuk merek dan model lainnya belum saya coba.

Untuk itu, sebelum anda membeli kabel OTG, pastikan anda bertanya terlebih dahulu kepada penjual, apakah support untuk ponsel anda saat ini? atau jika diperbolehkan, lakukan test support kabel OTG menggunakan Ponsel Anda.

Dua Jenis USB OTG untuk Ponsel Android

USB OTG tanpa kabel, kabel OTG ini tidak sepenuhnya support untuk segala fungsi, berdasarkan pengalaman saya, saya pernah mencoba kabel OTG ini untuk dihubungkan dengan keyboard dan mouse ternyata tidak terdeteksi ke ponsel Xiaomi Redmi Note 4 saya, namun jika saya colokkan ke flashdisk malah terdeteksi.

Sehingga saya dapat menarik kesimpulan, bahwa USB OTG tanpa kabel mungkin hanya support untuk alat-alat tertentu seperti flashdisk dan cardreader.

USB OTG menggunakan kabel, kabel ini support untuk keyboard, mouse, dan media penyimpanan seperti flashdisk dan cardreader, namun berdasarkan pengalaman saya kabel ini juga tidak support untuk semua keyboard dan mouse. Saya pernah menggunakan kabel USB OTG ini dengan keyboard asal-asalan yang terpenting USB, ternyata tidak terdeteksi oleh Ponsel saya.

Lantas keyboard usb seperti apa yang support dengan USB OTG?

Sebelum anda membeli Keyboard USB dan USB OTG, ada baiknya anda perhatikan merk dan typenya, tanyakan dulu kepada penjual apa itu support dengan ponsel anda, karena jangan sampai anda kecewa seperti saya, ternyata USB OTG yang saya beli seharga 10 ribu ternyata tidak support dengan keyboard dan mouse.

Setelah saya mendapat referensi dari teman kerja saya, salah satu Keyboard yang support dengan USB OTG adalah Keyboard Bermerek Votre, untuk keyboard bermerek lainnya kebanyakan tidak support dengan kabel OTG yang saya miliki.

Sebagai Saran Jika anda ingin membeli USB OTG, pilihlah USB OTG yang menggunakan kabel, kenapa?

Karena USB OTG yang menggunakan kabel ternyata lebih awet daripada USB OTG yang tanpa menggunakan kabel, ini bukan prediksi tetapi ini adalah hasil dari percobaan saya selama memiliki dua kabel USB OTG.

Begini Cara Menghubungkan USB Keyboard pada Ponsel Android

Hal-hal yang perlu anda siapkan

  • Siapkan Kabel USB OTG.
  • Siapkan Ponsel yang sudah support Kabel OTG.
  • Siapkan Keyboard USB.


Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Colokkan Kabel USB OTG anda ke Keyboard USB Anda.
  2. Kemudian Colokkan Kabel USB OTG anda pada Ponsel Android Anda.
  3. Pastikan anda melihat pesan tata letak keyboard pada notifikasi, jika tidak melihat pesan apapun berarti keyboard anda belum terdeteksi pada android anda.


Setelah anda melihat pesan tata letak keyboard pada notifikasi, berarti keyboard anda sudah terhubung, silahkan mengetik menggunakan keyboard usb anda.

Oh ya sebagai tambahan, anda juga bisa menggunakan keyboard usb untuk mengontrol ponsel android anda mulai dari menyalakan layar ponsel, mengontrol menu, dan sebagainya, silahkan dicoba satu persatu tombol yang ada pada keyboard.

Penutup

Untuk anda yang terbiasa menulis menggunakan keyboard layar sentuh tidak disarankan menggunakan keyboard usb, karena tulisan ini hanya saya tujukan untuk pengguna yang sudah terbiasa menulis menggunakan keyboard komputer tetapi belum mahir menulis menggunakan keyboard layar sentuh ponsel.

Demikian semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Dapatkan update artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "Cara Menghubungkan Keyboard USB menggunakan Kabel UTG"

  1. Untuk penutupnya kenapa tidak di sarankan apakah dengan cara ini menghubungkan dengan keyboard akan menghabiskan daya bateray

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau soal ini mungkin saya rasa sudah banyak yang tahu, tapi terimakasih atas masukannya 😊

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel